Rabu, 10 Oktober 2012

Tanggung Jawab Sosial PT. Gudang Garam Tbk

PT Gudang Garam Tbk merupakan produsen rokok kretek terkemuka di Indonesia yang memproduksi berbagai jenis produk berkualitas tinggi, mulai dari sigaret kretek linting (SKL), sigaret kretek tangan (SKT) dan sigaret kretek mesin (SKM) yang sudah tersebar luas di Nusantara maupun di dunia.  PT Gudang Garam Tbk menyerap tenaga kerja yang sebagian besar terlibat dalam produksi dan distribusi. Eksistensi Perusahaan juga mendukung penghidupan petani tembakau dan cengkeh serta para pengecer maupun pedagang asongan yang tersebar di seluruh Indonesia. Diukur dari jumlah aset, hasil penjualan produk, jumlah karyawan, pajak dan cukai, serta kontribusi lainnya, PT Gudang Garam Tbk adalah perusahaan rokok nasional yang memberikan kontribusi secara signifikan bagi Indonesia.

Berawal dari Industri rumahan (home-industry), Gudang Garam telah tumbuh dan berkembang dengan tata kelola perusahaan (good corporate governance) yang berdasarkan pada filosofi Catur Dharma. Nilai-nilai tersebut merupakan panduan Perseroan kepada segenap pemegang saham, karyawan dan masyarakat. Apa yang dicapai Gudang Garam sekarang tentunya tidak terlepas dari kekuatan sang pendiri yaitu Almarhum Surya Wonowidjojo. Beliau adalah seorang wiraswastawan sejati yang dimatangkan oleh pengalaman dan naluri bisnis. Di mata para karyawan, Almarhum tak hanya berperan sebagai pemimpin, melainkan juga sebagai bapak, saudara dan sahabat yang sangat memperhatikan karyawannya. Surya Wonowidjojo meninggal dunia pada 28 Agustus 1985 dengan meninggalkan kesan yang sangat mendalam bukan hanya di mata karyawannya, namun juga di hati masyarakat Kediri dan sekitarnya. Beliau menjadi seorang panutan yang memberikan nilai-nilai luhur bagi perusahaan, yang dituangkan dalam Catur Dharma Perusahaan:
1 Kehidupan yang bermakna dan berfaedah bagi masyarakat luas merupakan suatu kebahagiaan.
2 Kerja keras, ulet, jujur, sehat dan beriman adalah prasyarat kesuksesan.
3 Kesuksesan tidak dapat terlepas dari peranan dan kerjasama dengan orang lain.
4 Karyawan adalah mitra usaha yang utama.

Gudang Garam percaya bahwa tidak ada perusahaan yang dapat berdiri sendiri dan berkelanjutan tanpa menjadi bagian dari masyarakat dalam aktivitasnya. Implementasi tanggung jawab sosial merupakan investasi untuk masa depan dan kesempatan untuk tumbuh bersama masyarakat. Perusahaan menganggap perlu untuk mempertahankan hubungan ini melalui program-program kegiatan sosial dalam hal penanggulangan bencana alam, kesehatan, pendidikan, perbaikan kesejahteraan hidup masyarakat dan aktivitas sosial lainnya. Semuanya bertujuan untuk menciptakan keharmonisan. Berikut adalah beberapa kegiatan sosial yang sudah dilakukan PT. Gudang Garam Tbk yang saya ambil dari situs resminya :
1. Pengobatan Gratis pada Oktober 2010
Perusahan menyelenggarakan kegiatan ini bekerja sama dengan KODIM 0809 Kediri pada tanggal 3 Oktober 2010. Kegiatan ini diikuti oleh 1.600 peserta (mayoritas anak-anak dan lansia) yang berasal dari Desa Putih dan Desa Gampeng, Kecamatan Gampengrejo, Kediri. Kegiatan ini melibatkan tim dokter dari Dinas Kesehatan Kota & Kabupaten Kediri serta RS DKT Kediri.
2. Bantuan Gunung Merapi pada November 2010
Berkoordinasi dengan Tim SAR setempat, Perusahaan mengirimkan 18 truk tronton berisikan paket bantuan (makanan, minuman, biskuit & susu untuk anak-anak, pakaian, pakaian dalam, obat-obatan, perlengkapan mandi, selimut, snack, tenda posko, tenda barak pengungsi dan masker wajah) ke posko-posko bantuan yang pada waktu itu belum terjangkau sama sekali di wilayah Klaten, Boyolali, Magelang dan Sleman. Total ada 25 titik.
3. Operasi Bibir Sumbing pada Juni 2010
Kegiatan ini merupakan salah satu acara yang diselenggarakan dalam rangka merayakan hari jadi Perusahaan yang jatuh pada tanggal 26 Juni 2010. Operasi Bibir Sumbing Gratis berlangsung pada tanggal 19-20 Juni 2010 di RSUD Gambiran Kediri dengan 59 peserta yang umumnya berasal dari daerah eks-Karisidenan Kediri. Kegiatan ini merupakan hasil kerjasama yang baik dengan RSUD Gambiran Kediri dan tim dokter dari Yayasan Pembina Penderita Celah Bibir dan Langit dari UNPAD (Universitas Padjajaran, Bandung
4. Program Bedah Rumah pada Juni - Juli 2010
Bekerja sama dengan KODIM 0809 mengadakan program bedah rumah untuk masyarakat yang berdomisili di daerah Kota dan Kabupaten Kediri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar